Minggu, 07 Juli 2013

Kesalahan mengisi Lembar Jawaban Komputer / LJK Komputer

Wa 0816 886 250, Kesalahan mengisi Lembar Jawaban Komputer / LJK Komputer yang sering terjadi

Artikel kali ini Penulis akan menyampaikan kesalahan mengisi Lembar Jawaban Komputer / LJK Komputer, diantaranya :

1. Mengarsir / menyilang “LEBIH DARI SATU JAWABAN”. Jangan sampai melingkari / menghitamkan jawaban lebih dari satu, karena ini bisa dianggap salah pengisian oleh scanner LJK. Kurang bersih menghapus jawaban yang salah juga menyebabkan terbaca oleh scanner sebagai jawaban ganda.

2. Tidak menggunakan pensil 2B atau menggunakan pensil 2B tetapi palsu. Scanner LJK diprogram untuk membaca kehitaman tertentu, gunakan hanya pensil 2B yang asli.

3. Isian kurang hitam /kabur. Kurang penuh atau terlalu melebar dari bidang yang disediakan. Kesalahan ini akan berdampak pada tidak terbacanya bagian yang dibulatkan

4. Menuliskan data identitas tetapi tidak menghitamkan bulatan-bulatan yang sesuai di bawahnya. Scanner tidak dapat membaca tulisan siswa. Yang dilakukan scanner adalah membaca posisi bulatan hitam dan mengubah posisi tersebut menjadi karakter sesuai dengan setting LJK yang digunakan. Karena itu, bila siswa tidak menghitamkan bulatan, scanner tidak mendeteksi bulatan-bulatan hitam tersebut sehingga tidak menghasilkan karakter-karakter yang sesuai. Tulisan yang kita buat pada bagian atas hanyalah panduan bagi kita agar kita lebih mudah menghitamkan bulatan yang sesuai.

5. Lembar jawab kotor, basah, terlipat atau sobek. Dalam setiap lembar jawaban komputer pasti selalu diingatkan bahwa lembar jawab tidak boleh kotor, basah, terlipat atau sobek karena hal ini memang akan sangat berpengaruh pada akurasi pengoreksian yang pada akhirnya akan merugikan peserta.

6. Tidak mengisikan kode soal. Bila ada kode soal, dan peserta tidak mengisikan/menghitamkan bulatan sesuai dengan kode soal, maka dapat dipastikan bahwa LJK tidak dapat diproses.

7. Jangan menuliskan apapun diluar bingkai / garis tepi.

8. Jangan lupa memeriksa kembali lembar jawaban sebelum dikumpulkan, kalau ada sisa waktu, lebih baik digunakan untuk memeriksa kembali lembar jawaban anda.


Demikian beberapa kasus kesalahan pengisian Lembar Jawaban Komputer / LJK Komputer yang masih sering terjadi.

Butuh Scanner Ljk / Software Ljk / Cetak Ljk ? Silakan WA 0816 886 250.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar